Tema Umum PERKI di Negeri Belanda 2022

TEMA IBADAH PERKI DI NEGERI BELANDA TAHUN 2022

TEMA UMUM 5 TAHUNAN 2019-2023 KERAJAAN ALLAH DAN PELAYANAN

TEMA TAHUNAN
KATANYA KEPADA MEREKA SEMUA
SETIAP ORANG YANG MAU MENGIKUT AKU
IA HARUS MENYANGKAL DIRINYA, MEMIKUL SALIBNYA SETIAP HARI DAN MENGIKUT AKU
(LUKAS 9 : 23)

PENGANTAR

PERKI di Negeri Belanda sebagai tubuh Kristus terpanggil untuk menampakkan tanda- tanda Kerajaan Allah di muka bumi ini dan PERKI di Negei Belanda turut serta menyambut kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinya demi keutuhan ciptaan Tuhan dan untuk kepentingan Kerajaan Allah.

Dalam melangsungkan misi Agung Kristus PERKI di Negeri Belanda mengangkat Tema tahunannya dari Lukas 9 : 23. Setiap orang yang mau mengikut Aku yaitu Yesus, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku yaitu Yesus. Pelayanan kepada Tuhan dan sebagai orang percaya tidak terlepas dengan makna dari salib Kristus.

Dalam Injil Matius 10 ayat 37 dan 38 katakan bahwa : 37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi- Ku. 38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku Perkataan Yesus Ikut Yesus dan pikul salib dalam Injil menekankan bahwa apabila kita tidak memikul salib, kita tidak layak bagi Kristus. Salib disini menjadi simbol Kasih Allah kepada dunia ini, Yesus rela mengorbankan diriNya, Yesus rela menderita dan wafat di salib, lambang kasih Allah yang rela menanggung hukuman yang seharusnya kita dijatuhi hukuman. Salib juga menekankan bahwa dalam penyaliban Yesus yang mengalami penderitaan fisik dan batiniah, agar manusia di tebus dan menerima kehidupan kekal. Dibalik Salib ada kemenangan, keampunan dosa, kehidupan kekal bersama Yesus di surga, kemerdekaan dari perbudakan dosa bagi semua umat. Ketika kita mengikut Yesus mengalami hal-hal yang bukan kesalahan kita dan perbuatan kita dan kita harus memikul salib atau menanggungnya, Tuhan senantiasa memberi kekuatan dan terobosan serta pertolonganNya nyata, agar kita tetap setia.

Usia dunia ini sejak Adam, manusia pertama di ciptakan telah berusia 5782 tercatat dalam tahun ibrani. Tahun 5782 ( Pey Bet) atau tahun ini hendaklah kita terus berfokus dan sungguh –sungguh mengandalkan Tuhan,page1image99787392

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering,

 dan yang tidak berhenti menghasilkan buah ( Yeremia 17:7,8)

Memikul salib setiap hari adalah suatu anugerah besar dalam mengikut Yesus. Iman percaya dan salib Kristus adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena kita menyatu dengan Tubuh Kristus, rahasia ini dalam di dalam FirmanNya, kita menyatu dengan FirmanNya yang hidup, kita menyatu dengan Yesus setiap hari, sehingga hidupku bukanlah aku lagi, tetapi Kristus yang tinggal di dalam aku.

Alkitab menggambarkan memikul salib setiap hari adalah keterhubungan kita dengan Kristus seperti tubuh yang terhubung dengan kepala, sebuah hubungan yang sangat penting dan berarti untuk pergi dan beritakan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan melalui Tema ini Kita semua terpanggil untuk menempatkan Tuhan Yesus di hati, pikiran dan hidup sebagai yang utama. Seringkali dalam hidup kita, yang utama tidak lagi Tuhan Yesus sumber berkat dan anugerah, tetapi manusia menjadi pusat kehidupan kita. Pelayanan terkendala karena kita menempatkan kasih, hati dan waktu kita seutuhnya kepada bapak ibu anak cucu lebih daripada kepada Tuhan. Padahal semuanya di berikan oleh Tuhan bagi kita, agar manusia seharusnya memuliakan namaNya dengan tujuan utama, agar manusia menyembah dan memuliakan Tuhan dalam hidupnya setiap hari.

Dalam hal inilah kita kembali diingatkan bahwa memikul salib Kristus setiap hari adalah suatu kesaksian untuk terus menginjil sebagai persekutuan gereja Tuhan di muka bumi agar setiap orang mengetahui siapa Yesus bahwa seseorang di selamatkan bukan hasil dari usaha pekerjaan manusia dalam bentuk apapun, melainkan semua karena pekerjaan anugerah Tuhan sendiri melalui imannya kepada Yesus Kristus. Roh Kudus berperan mengadakan pembaruan dan harapan kepada setiap orang percaya sebagai gereja di hadapan Allah dan semua orang berhak mewarisi dan menerima Kerajaan Allah bersama orang – orang percaya lainnya.

PERKI di Negeri Belanda terpanggil sebagai gerejaNYA di dunia ini untuk melayani, bersekutu dan bersaksi dalam pelayanan nya kepada Tuhan. PERKI di Negeri Belanda akan terus dilengkapi oleh Roh Kudus dengan karunia sesuai pelayanan yang di lakukan dalam rangka pembangunan tubuh Kristus – gerejaNya di tengah-tengah dunia, ingatlah perintah Yesus “ jadikanlah semua bangsa murid YESUS KRISTUS ”

“Bila ada suatu pekerjaan besar yang harus dilakukan untuk Allah, percayalah Allah sanggup melakukan segala perkara, asal kita setia dan taat sampai akhir seperti Tuhan Yesus. Kedatangan Kristus yang di nubuatkan dalam Perjanjian Lama telah membawa pencurahan Roh Kudus kepada Gereja dan dunia. Roh Kudus datang dengan kuasa dari surga. Dalam Perjanjian Baru, kita melihat kuasa ini diwujudkan di dalam semua cara yang disebut di atas: kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah ditetapkan dan kemampuan untuk mengatasi pelbagai hal dalam ziarah orang percaya sebagai PERKI di Negeri Belanda yang telah melewati usianya yang ke-91.

PERKI di Negeri Belanda kedepan sebagai persekutuan gereja Tuhan hendaklah terus menghadirkan Kerajaan Allah dalam pelayanannya di tengah dunia ini.

TEMA, LATAR BELAKANG SEJARAH DAN FUNGSI

Melalui Tema tahunan bahwa Setiap orang yang mau mengikut Aku yaitu Yesus, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku yaitu Yesus PERKI di Negeri Belanda terpanggil untuk mengkaryakan karya keselamatan menyambut karya Roh Kudus, dalam KerajaanNya dan pelayanan agar tetap terus menjadi alat Tuhan untuk pelebaran Kerajaan-Nya di dunia.

Ingatlah waktunya sangat singkat bagi kita sekalian dan untuk PERKI di Negeri Belanda pemurnian lepas pemurnian terus terjadi, ilalang dan gandum, kambing dan domba di murnikan, teruslah setia taat dan dengar suara Tuhan dalam FirmanNya dengan senantiasa berjaga-jaga sampai kedatangan Yesus sebagai Raja atas segala raja, dengan terus mengingat dalam surat Efesus 6 ayat 10 – 18 : Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah- pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, z supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu Firman Allah, dalam segala doa dan permohonan.

Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonanyangtakputus-putusnyal untuksegalaorangKudus.Waktukitasangatlah terbatas, kuasa Tuhan tidak terbatas

Fungsi simbol, warna kain mimbar dan stola dimaksudkan agar semua orang percaya sebagai umatNya yang telah di selamatkan terus di tuntun oleh kuasa Roh Kudus dalam Karya Agung YESUS sampai kedatanganNYA kembali ke dunia.