Tema Umum PERKI di Negeri Belanda 2020

TEMA UMUM 5 TAHUNAN 2019-2023
KERAJAAN ALLAH DAN PELAYANAN

TEMA TAHUNAN
ROH KUDUS, GEREJA DAN PENGINJILAN

 

Dalam rangka 90 tahun PERKI di Negeri Belanda tahun ini, PERKI di Negeri Belanda mengangkat Tema tahunan nya yaitu : Roh Kudus, Gereja dan Penginjilan. Seiring 90 tahun perjalanan PERKI di Negeri Belanda, kita Bersyukur kepada Tuhan Yesus Kepala Gereja bahwa PERKI di Negeri Belanda, PERKI Amsterdam Zuid-Oost,PERKI Arnhem-Gelderland, PERKI Almere, PERKI Den Haag, PERKI Voorburg dan PERKI Zwolle telah di mampukan, di tolong, di tuntun, di lindungi oleh Kuasa Roh Kudus yang sempurna. PERKI di Negeri Belanda tahun ini memasuki tahun Ibrani 5780 (Pey & Beth), huruf Pey mewakili angka 80 . dalam angka 80 ada nilai yang sama di temukan dalam kata Yesod ( fondasi) dan Gevurah (kekuatan). Ini Juga merupakan Umur Musa ketika ia di panggil untuk memimpin Bangsa Israel keluar dari Mesir dan nampaknya menunjuk kepada kekuatan Allah ( gevurah) di dalam kehidupan manusia. Bahwa ke Mahakuasaan Allah berkuasa atas segala sesuatu bahwa pada usia 80 justru Musa di beri mulut baru untuk mengajar orang-orang, dan Musa menjadi tanda Tuhan walaupun ia terbatas dalam kelancaran pengucapan, namun Musa dapat mengucapkan Nama Tuhan dengan sempurna , ketika ia berdiri di hadapan orang-orang Israel sebagai perantara Allah Yahweh. 5780 yaitu 80 kedua nominal angka akhir dari tahun Ibrani ini merupakan fondasi pintu gerbang 10 tahun ke depan untuk permulaan penggenapan dari apa yang telah di perlihatkan dan di firmankan Tuhan kepada kita semua dan dunia . Angka 8 dalam 80 melambangkan angka awal penggenapan nubuat bagi mereka yang mempunyai mata ( ayin – lihat keterangan Tema tahunan 2019 ) untuk melihat visi Tuhan untuk PERKI di Negeri Belanda. Semuanya ini mengajarkan kita di tahun Pey tahun ini atau di tahun mulut, kita harus senantiasa berdoa meminta Roh Kudus memimpin kita semua dan dengan mulut setiap orang percaya, terus pergi, aktif dan bersaksi meneruskan berita keselamatan, mendeklarisasikan iman, mengaku iman kita kepada dunia di masa akhir zaman ini , untuk siap menanti kedatangan Tuhan Yesus ke dunia. Alkitab Perjanjian Lama dan Baru merekam keberadaan dan Karya Roh Kudus, itulah sebabnya Roh Kudus hadir dan bekerja selaras dengan rencana Allah Bapa untuk dunia ini, untuk PERKI Nederland , memanifestasikan diri dalam kehendakNYA . Alkitab Perjanjian Lama dan Baru memberi kan bukti tentang pekerjaan Roh Kudus yang berinteraksi dengan manusia, dimana existensi dan Identitas PERKI di Negeri Belanda tetap ada dan hadir menjadi berkat .

Roh Kudus selaku pribadi Allah yang kekal terus menuntun, ada dan terus bekerja dengan caranya yang ajaib untuk PERKI di Negeri Belanda . Dan dalam peristiwa penegasan tentang kenaikan Yesus ke sorga bertalian erat dengan turunnya Roh Kudus (Yohanes 14:26; 16:7-15). Yesus mengatakan hanya melalui karya Roh Kudus akan dapat diketahui kebenaran yang sesungguhnya. Dan ada banyak hal yang akan diberitahukan oleh Roh Kudus, dan para murid serta PERKI Nederland akan mampu menerima semuanya manakala Roh Kudus turun berada di tengah-tengah gereja dan persekutuannya. Fakta yang tidak mungkin diingkari, kedua puluh tujuh kitab dalam Perjanjian Baru tidak ditulis semasa Yesus berada di bumi, melainkan setelah turunnya Roh Kudus di atas loteng di Yerusalem. “Roh Allah adalah Allah sendiri yang dengan kuasa-Nya sedang bertindak di dalam dunia. Roh yang sama pada mulanya “melayang-layang di atas permukaan air” (Kej. 1:1) untuk terus bekerja berkarya membaharui dunia, berupa kehidupan pada segala mahluk hidup dan terus memperbaharui PERKI dan JemaatNYA ” Roh Kudus menyertai kehidupan PERKI di Negeri Belanda agar terus menjadi alat Tuhan (Yesaya 40:12, 13), dan Ia juga memberikan kehidupan dan memperbaharui dalam persiapan kedatangan Yesus. (Mazmur 33:6; 104:30). Roh Kudus senantiasa memberikan tuntunan sebagaimana di yakini oleh penulis Kitab Mazmur (Mazmur 143:10), bahwa seseorang mendapatkan kekuatan serta berhasil dalam melaksanakan tanggung jawabnya karena Roh Kuduslah yang menolongnya untuk mencapai tujuan (Bilangan 11:16, 17 ). Roh Kudus memberikan keterampilan dan wibawa untuk melaksanakan tugas kepemimpinan (Bilangan 11:16,17). Roh Kudus juga memberikan kemampuan kepada seseorang untuk mengolah strategi guna mengalahkan musuh dalam peperangan (Hakim-hakim 3:10). Roh Kudus juga mendidik serta memberikan tuntunan dan bimbinganNya terhadap umat Allah selaku gerejaNya bagaimana seharusnya hidup didalam ketaatan, kesetiaan kepada Tuhan , Ingatlah bahwa Maria mengandung dari Roh Kudus dalam pembacaan Injil Matius 1 : 27 bahwa sesungguhnya Anak Dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan mereka akan menamai Dia Imanuel – yang berarti : Allah menyertai kita. Janji Allah menyertai kita , itupun berlaku bahwa Tuhan Yesus juga menyertai kehidupan Jemaat-Nya. Yesus Taat dan setia sampai di Golgotha dan Yesus menyelamatkan seisi dunia .Dan Tuhan telah menegakkan Takhta-Nya di, sorga dan di dunia dan KerajaanNya berkuasa atas segala sesuatu. (Mazmur 103: 19), sehingga hendaklah semua yang bernafas sebagai Jemaat PERKI di Negeri Belanda memuji akan Tuhan.

Alkitab diilhamkan Roh Kudus diakui oleh Yesus dan juga para Rasul baik dengan penggenapan nubuatannya Roh Kudus juga menyampaikan hal-hal yang akan terjadi di masa yang akan datang, mengenai gereja dan penginjilan bagi bangsa –bangsa tentang kedatangan Mesias melalui nubuatan yang disampaikan para nabi (Yesaya 61:1, 2). Misi kedatangan Mesias ke dunia memberikan keselamatan serta kesejahteraan umat manusia, biarlah juga menjadi Misi PERKI di Negeri Belanda, untuk menjalankan tugas mulia Yesus dalam Injil Matius 28 ayat 19,20 tugas bersama setiap orang percaya bahwa pergi-lah dan menginjil, jadikanlah semua bangsa Murid Yesus. Tugas Kemesiasan yang disampaikan para nabi melalui nubuatan dalam ilham Roh Kudus sebenarnya yang dimaksud adalah Yesus Kristus sendiri. Nabi Maleakhi menubuatkan kedatangan Mesias terlebih dahulu akan diawali kedatangan Nabi Elia dalam rangka merintis jalan mempersiapkan kehadiran Mesias (Maleakhi 4:5,6). Dalam 90 Tahun PERKI di Negeri Belanda dan perjalanan pelayanannya , PERKI di Negeri Belanda menerima janji penyertaan Tuhan bahwa di dalam nama Yesus Kepala Gereja telah di berikan Kuasa di sorga dan di bumi. Semua orang yang berharap dan percaya kepada Tuhan di anugerahkan memiliki kekuatan yang luar biasa diatas rata-rata manusia pada umumnya karena Roh Kudus menyertainya. Kekuatan yang luar biasa dari Roh Kudus hanya sebagai sarana untuk melaksanakan misi Allah. Perjanjian diawali dengan Karya Roh Kudus dan Perjanjian Baru juga dibuka dengan karya Roh Kudus melalui peristiwa Maria yang di katakan bahwa Maria mengandung Roh Kudus untuk melahirkan Yesus Kristus dalam rangka menggenapi nubuatan yang telah ditetapkan dalam Perjanjian Lama. Selain di keempat Injil, eksistensi serta pekerjaan Roh Kudus dicatat semakin meningkat intensitasnya dalam kitab Perjanjian Baru . Luasnya karya Roh Kudus dengan berbagai cara yang dilakukan-Nya dalam Perjanjian Lama sangatlah luar biasa, dan tidaklah mengherankan bila hal serupa terdapat dalam Perjanjian Baru, sehingga tertulis dalam Injil bahwa apa yang tidak mungkin bagi manusia , mungkin bagi Allah, demikianpun untuk masa depan PERKI di Negeri Belanda .

MAKSUD DAN TUJUAN

PERKI di Negeri Belanda terpanggil untuk menginjil sebagai persekutuan gereja Tuhan di muka bumi agar setiap orang harus tau siapa Yesus bahwa seseorang diselamatkan bukan hasil dari usaha pekerjaan baiknya dalam bentuk apapun, melainkan semua karena anugerah Tuhan melalui imannya kepada Yesus Kristus. Roh Kudus berperan mengadakan pembaruan dan harapan kepada setiap orang percaya sebagai gereja di hadapan Allah dan semua orang berhak mewarisi Kerajaan Allah bersama orang – orang percaya lainnya. PERKI di Negeri Belanda terpanggil sebagai gerejaNYA di dunia ini untuk melayani, bersekutu dan bersaksi dalam pelayanan nya kepada Tuhan. PERKI di Negeri Belanda akan terus dilengkapi oleh Roh Kudus dengan karunia sesuai pelayanan yang di lakukan dalam rangka pembangunan tubuh Kristus – gerejaNya di tengah-tengah dunia, ingat lah perintah Yesus “ jadikanlah semua bangsa muridKU”

“Bila ada suatu pekerjaan besar yang harus dilakukan untuk Allah, percayalah Allah sanggup melakukan segala perkara, asal kita taat dan setia sampai akhir seperti Tuhan Yesus . Kedatangan Kristus, Sang Juruselamat, telah membawa pencurahan Roh Kudus kepada Gereja dan dunia. Roh Kudus datang dengan kuasa. Dalam Perjanjian Baru, kita melihat kuasa ini diwujudkan di dalam semua cara yang disebut di atas: kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah ditetapkan dan kemampuan untuk mengatasi pelbagai hal dalam ziarah orang percaya sebagai PERKI di Negeri Belanda yang telah mencapai usianya ke-90. PERKI di Negeri Belanda kedepan sebagai persekutuan gereja Tuhan hendaklah terus menghadirkan pemberitaan Firman Tuhan dan kesaksiannya .

TEMA, LATAR BELAKANG SEJARAH DAN FUNGSI
Melalui Tema tahunan ini, PERKI di Negeri Belanda dalam menyambut karya Roh Kudus,Gereja dan Penginjilan agar tetap terus menjadi alat Tuhan untuk pelebaran Kerajaan-Nya di dunia . Fungsi simbol dan warna kain mimbar dan stola dimaksudkan agar semua orang percaya sebagai umatNya yang telah di selamatkan terus di tuntun oleh Karya Agung YESUS sampai kedatanganNYA dunia .